Selasa, 13 Desember 2011

Trik Sederhana Memotret Siluet




Sobat Fotografi,… foto siluet adalah sebuah foto yang mempunyai obyek utama gelap dengan background yang terang. Foto siluet memang akan terlihat bagus apabila kita memperhatikan beberapa unsure pendukungnya. Cahaya yang ada di background foto tidak melulu dari cahaya alam seperti matahari, namun kita juga bisa membuat efek cahaya sendiri dengan menggunakan flash of camera atau lampu penerangan biasa.

Dalam menghasilkan foto siluet diharapkan memiliki nilai seni atau mempunyai karakter pada hasil akhirnya. Berikut beberapa unsur yang harus diperhatikan ketika anda akan membuat foto siluet.

1. Jelaslah flash / arah cahaya yang berhadapan langsung dengan objek tidak diperkenankan. Flash wajib dimatikan pada kamera atau flash built in jangan digunakan.
2. Perhatikan cahaya yang berada di belakang objek (background) pastikan cahaya tersebut lebih terang daripada bagian depan objek.
3. Carilah objek-objek yang menarik, sebagai contoh objek tersebut mempunyai bentuk yang unik. Dalam mencari background hendaknya dipilih yang tidak terlalu ramai, karena kita akan menonjolkan garis-garis tepi objek utama.
4. Apabila anda menginginkan objek manusia atau benda hidup lainya, usahakan pengambilan gambar dilakukan menyamping, karena lekukan-lekukan pada orang akan terlihat detail.
5. Ukurlah exposure dengan tepat, pengukuran exposure dimulai dari cahaya yang paling terang di bagian background. Dari hasil metering tersebut silahkan dikombinasikan dengan aperture sesuai keinginan anda. Jika menginginkan background yang blur setinglah pada aperture (diafragma) pada bukaan besar bisa 1.8 atau 2.8. Untuk memperoleh ruang tajam yang luas gunakan setingan aperture yang kecil bisa 5.6 dan seterusnya.
6. Teruslah bereksperimen hinga mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan anda.

Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat,

Original Site : http://www.majalahfoto.com/2011/10/14/trik-sederhana-memotret-siluet/#more-727
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar