Senin, 31 Januari 2011

Trik Fotography dengan Cybershot ala K800i


Sejak punya handphone ini, fitur kameranya cuman dipake sesuai kebutuhan aja; maksudnya hanya buat potret-potret tanpa diutak-atik lebih jauh kemampuan kameranya ataupun fitur lain yang berhubungan dengan kamera. Selama ini semua settingan aku gunakan yang “auto” saja, yang penting kualitasnya 3MP that’s it ! (bener2 geblek kan…)

Gara-gara bangun tidur amat-sangat kepagian, ditambah gempa yang lumayan bikin mata melek itu, aku akhirnya iseng untuk “ngoprek handphone”. Kali ini pengen ngebahas soal fitur kameranya aja.

Night Mode

Xenon flash-nya memang bikin hasil foto lebih baik dari kamera-phone yang lain. Mode Red-eye reduction juga mampu berfungsi cukup baik untuk mengurangi “mata merah” pada hasil foto. Bloon-nya aku jarang banget inget fungsi ini, sehingga tiap kali motret lebih sering menggunakan setting “auto”. Khusus untuk night mode, K800i dilengkapi dengan 2 pilihan mode lainnya yaitu Twilight landscape & Twilight portrait untuk menghasilkan gambar yang lebih baik dalam keadaan minim cahaya. Twilight landscape digunakan ketika kita ingin mengambil gambar jarak jauh, misalnya pengen motret suasana lampu kota yang menghiasi malam (jadi inget lagunya U2; City of blinding lights). Sedangkan mode Twilight portrait digunakan untuk mengambil gambar dengan jarak dekat dalam keadaan minim cahaya, misalnya mau motret diri dalam bioskop kali… (ngapain juga ?!?)

Scene Selection

Ada 7 pilihan scene:

  1. Auto (udah jelas ini mah, ga usah dibahas).
  2. Twilight Landscape (lihat lagi ulasan Night mode).
  3. Twilight Portrait (lihat lagi ulasan Night mode).
  4. Landscape; digunakan untuk mengambil gambar jarak jauh dengan cakupan area yang cukup besar, misalnya pengen motret gedung sate dari atas gedung Telkom japati (sorry coy, lokasi yang dipilih berdasarkan home-town).
  5. Portrait; untuk motret orang dari jarak yang normal. Mode ini udah dilengkapi oleh soft focus.
  6. Beach/Snow; diperuntukkan bagi penggunaan outdoor dengan pencahayaan yang maksimal.
  7. Documents; ditujukan untuk memotret dokumen yang memuat tulisan atau gambar. Mode ini secara otomatis memberi settingan contrast yang cukup tinggi. BTW mode Documents ini juga berguna kalau kita ingin motret sesuatu (bukan dokumen) & sangat fokus.

BestPic

Sekali motret kita akan diberikan 9 pilihan hasil, tinggal pilih mana yang pengen disimpan. Mode ini yang paling sering aku pake’ untuk motret sodara2 kecilku.

Image Stabilizer

Terdapat pada mode Landscape, Twilight landscape, Beach/Snow & Documents. Lumayan berguna untuk yang tangannya ga bisa diem.

Self-timer

Sayang packaging handphone ini ‘ga sekalian ama tripod kecilnya biar lengkap, heheheeee…

Panorama

Kalau mode Landscape masih tidak cukup untuk motret gedung sate tadi, coba pilih mode Panorama, untuk menggabungkan 3 foto, jadi bisa motret 3 bagian gedung sate-nya untuk dijadikan satu gambar.

Effect

Ada 4 pilihan efek: Black & white, Negative, Sepia, Solarize

White Balance

Bisa pilih diantara: Auto, Daylight, Cloudy, Fluorescent, Incandescent.

Metering mode

Normal & Spot. Belum pernah dicoba !

Keypad shortcuts

clip_image001Waktu pertama punya HP ini, aku ngerasa 2 tombol diujung kiri-kanan atas ini mengganggu penampilan (dasar kedul, males bener buka2 manualnya !). Aku pencet2 tapi ga ada efek apa2nya, waaaks ! Ternyata 2 tombol itu adalah tombol shorcuts. Jika kamera sedang tidak berfungsi maka kedua tombol itu akan langsung masuk ke folder Camera Album (waktu aku nyoba pencet2 diawal memang tidak bereaksi karena folder Camera Album-ku masih kosong !). Sedangkan jika kamera sedang berfungsi maka tombol kiri atas berfungsi sebagai shortcuts untuk memilih mode pengambilan gambar: Auto / BestPic / Panorama / Frames – tombol kanannya berfungsi untuk memilih Scene yang kita inginkan.

Shortcuts lainnya adalah:

  • tombol 1 untuk memilih kualitas foto (3 MP, 2MP, VGA)
  • tombol 4 untuk mengatur setting focus. tombol 7 untuk mengaktifkan Image stabilizer.
  • tombol * untuk mengatur flash: off/auto/red-eye reduction.

Application

Aplikasi tambahan milik third party yang bisa menambah faktor fun dalam urusan potrat-potret ini adalah: FaceWarp & Shozu.

FaceWarp merupakan aplikasi yang menambahkan efek kartun terhadap foto yang kita ambil. Aplikasi ini baru terlihat fun jika gambar yang kita ambil adalah gambar orang. Pilihan kartun yang dapat dipilih adalah: Upnose, Twister, Small nose, Wide smile, Grift, Big face, Professor, Alien, Big nose, Alien Hybrid, Gobbler, Square, Sharpchin, Long faced, Happy fool, Insect, Boring. Hasilnya ya memang gambar orang yang kita ambil bakalan jadi lucuuuuu… banget ! (aku sering paket aplikasi ini buat ngisengin sodara sepupuku. Aduh, dia udah bergaya centil banget, ga tau pas dia liat fotonya…. huahahahaaaa!!)

Untuk aplikasi Shozu dibuat dalam postingan terpisah aja.

Sedangkan aplikasi bawaan dari K800i sendiri adalah PhotoEdit; yang memberi keleluasaan bagi kita untuk menambahkan frame, clipart, text, mengatur settingan contrast, dsb.

===================================

** sebenernya kurang afdol yah kalo postingan ini ga dilengkapin dengan contoh hasil foto2nya. Tapi emang blom sempet up-load di flickr. Jadi ya terima aja dulu yaaa... clip_image002(pemaksaan mode: ON)

sony ericsson K800

Di abad ini suatu alat komukasi yang dinamakan HandPhone (HP) telah memasyarakat, dimiliki oleh hampir seluruh lapisan masyarakat. Dari mulai kalangan ekonomi bawah sampai kekalangan atas, rata-rata satu individu mempunyai sebuah HP.

Dari sinilah kita harus bijak menentukan sikap, mempergunakan alat komukasi ini untuk kebaikan. Semua tindakan yang menggunakan alat komunikasi ini, tidaklah luput dari tanggung jawab kita di akhirat nanti.

HP berkamera 3.2 Mega pixel ini bisa diatur tergantung kebutuhan untuk pengambilan gambarnya, setingan tersebut adalah (Scene)

  1. Auto ( digunakan untuk umum)
  2. Twilight Landscape ( pengambilan gambar jarak jauh, saat kurang cahaya (senja))
  3. Twilight Portrait ( pengambilan gambar jarak dekat, saat kurang cahaya (senja))
  4. Landscape ( Pengambilan gambar jarak jauh, misalnya pemandangan pantai, gunung dsb)
  5. Portrait ( pengambilan gambar jarak dekat, misalnya untuk mengambil gambar bunga, pose wajah dsb)
  6. Beach/Snow (pengambilan gambar saat cahayanya berlebihan)
  7. Sport ( pengambilan gambar bergerak)
  8. Document ( pengambilan gambar berkas tulisan / dokumen, seperti kwitansi, bon, surat-surat dsb)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar