Kamis, 28 Oktober 2010

Bikin Watermark Lebih Mudah dan Cepat dengan Watermark Image


Dulu saya pernah menulis informasi tentang cara membuat watermark menggunakan PhotoShop. Dalam tulisan tersebut ada beberapa langkah yang harus diikuti untuk bisa membuat watermark pada foto atau image. Berikut ini, saya informasikan cara lain membuat watermark, dan menurut saya pribadi cara ini jauh lebih mudah.

Untuk membuat watermark kali ini, saya menggunakan software freeware, yaitu Watermark Image. Walaupun software ini freeware, tapi fitur yang ditawarkan cukup lengkap dalam membuat watermark, untuk lebih jelasnya berikut saya tuliskan ulasan singkat tentang Watermark Image.

Aplikasi Watermark Image ini hanya mempunyai satu panel saja, dan dalam panel ini kita melakukan setup dari watermark yang ingin kita buat.

clip_image002

Pertama, kita siapkan folder dimana tempat foto yang akan kita beri watermark (Source1), berikutnya bagian kedua adalah kita menentukan diaman foto akan kita simpan setelah diberi watermark (Destination2). Output Format3 berfungsi untuk menyimpan format hasil foto (.jpg, .png, .tiff, .bmp, .gif).

Ukuran hasil bisa diubah melalui Resize images4, sedangkan intensitas transparansi dari watermark diatur dengan Transparancy5. Posisi dari watermark dapat diatur melalui Watermark Location6.

Watermark yang kita gunakan di sini bisa berupa tulisan ataupun image (misalnya logo), untuk menentukan bentuk watermark, kita bisa centang salah satu antara Use Image atau Use Text dalam Watermark using7. Jika kita menggunakan teks, kita bisa mengatur lebih lanjut mulai jenis, warna, dan ukuran font, serta kemiringan dari tulisan watermark. Untuk mengetahui gambaran hasil akhir, bisa kita preview dengan mengklik Preview first located image dan previewnya dapat dilihat pada bagian preview – 9.

Sedangkan untuk mengeksekusi pemasangan watermark kita cukup mengklik Start (8), maka otomatis semua foto yang ada dalam folder yang telah kita pilih tadi (1) akan dipasangi watermark sesuai dengan pengaturan yang telah kita buat.

clip_image004

Oke temen-temen itu tadi informasi singkat tentang software Watermark Image, semoga bisa mempermudah pemasangan watermark pada image atau foto-foto kita yang akan dipasang di website atau blog.

Untuk mendownload Watermark Image bisa dilihat di Software Download atau Freeware.

Semoga bermanfaat……

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar