Kamis, 28 Oktober 2010

Menambahkan Watermark dengan Add Waltermark


Dulu saya pernah menginformasikan cara membuat watermark dengan menggunakan Watermark Image dan membuat watermark dengan Photoshop. Untuk kali ini saya informasikan alternatif lain untuk membuat watermark pada koleksi foto yang kita miliki, yaitu dengan freeware Add Waltermark.

Aplikasi freeware Add Waltermark terbilang cukup sederhana, karena kita bisa langsung menjalankannya tanpa perlu menginstall terlebih dahulu (portabel), dan penggunaannya cukup mudah. Berikut informasinya penggunaannya.

Menu yang ditawarkan Add Waltermark tidak sebanyak Watermark Image, semua menu yang dimiliki Add Waltermark ditampilkan dalam satu panel saja, yaitu: Folder Path (1), folder dimana yang akan kita pasang watermark (karena Add Waltermark ini langsung menambahkan watermark pada semua image dalam folder tersebut); Text (2), adalah isi berupa tulisan watermark; Opacity (3), tingkat transparansi dari watermark yang dibuat; Set Font (4), spesifikasi font yang dipakai, mulai dari jenis, ukuran, dan warna dari font; Watermark Position (5), menentukan posisi watermark terhadap foto, apakah di bagian atas atau bawah; Preview (6), untuk melihat contoh dari seting yang telah kita buat; dan Apply Watermark untuk melakukan eksekusi pemasangan watermark pada image.

clip_image001

Dalam contoh, saya mencoba memasang folder pada image tentang ObjectDock, dan saya coba melakukan preview untuk melihat hasilnya.

clip_image002

Setelah melihat hasil preview dan sesuai dengan apa yang diharapkan, sekarang tinggal mengeksekusi dengan mengklik Apply Watermark, otomatis Add Waltermark akan menambahkan watermark pada semua image yang ada pada folder dan menyimpannya dengan membuat folder baru dalam folder sebelumnya dengan nama folder Waltermarked (jadi tidak menimpa file aslinya).

clip_image003

Itu tadi informasi singkat tentang Add Waltermark, semoga bisa menambah referensi dalam hal pembuatan watermark.

Untuk mendownload aplikasi gratis Add Waltermark dapat dilihat di Freeware dan Software Download.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar