Kamis, 28 Oktober 2010

Mengendalikan kursor dan fungsi klik pada mouse melalui keyboard dengan MouseFIGHTER


Masih ingat tulisan terdahulu tentang pemanfaatan keyboard untuk mengakses program dan file Windows dengan Hotkeyz? Kali ini saya informasikan software sejenis dimana kita bisa mengendalikan kursor melalui keyboard (menggantikan fungsi mouse). Software yang saya gunakan di sini adalah MouseFIGHTER sebuah program gratisan (freeware) yang berfungsi menggantikan fungsi scroll pada mouse baik itu untuk mengarahkan kursor dan fungsi klik kanan dan kiri mouse.

Pengaturan MouseFIGHTER ini sendiri sangat sederhana, secara default fungsi arah kursor mouse digantikan dengan tombol atas, bawah, kanan, dan kiri pada keyboard. Sedangkan fungsi klik kanan mouse diganti dengan tombol A, klik kiri diganti tombol S. Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan MouseFIGHTER dapat dilakukan dengan mengklik tombol Caps Lock.

clip_image001

Untuk pengaturan lebih lanjut dari MouseFIGHTER dapat dilihat dalam control panel MouseFIGHTER. Dalam tab menu Start, kita bisa mengatur bagaimana cara aktivasi program MouseFIGHTER. Tab menu Keys menunjukkan tombol shortcut keyboard yang menggantikan fungsi dari mouse, kita bisa menggantinya dengan masuk ke kolom perintah yang akan kita ganti, kemudian tekan tombol keyboard yang kita inginkan untuk mengganti tombol yang telah diset sebelumnya.

clip_image002

Untuk tab menu Settings, berfungsi untuk mengatur kecepatan dari gerakan mouse melalui keyboard. Terakhir untuk tab menu Advanced settings, mengatur tampilan saat kita mengaktifkan atau menonaktifkan MouseFIGHTER (On Screen Display when switching) dan fungsi perpindahan otomatis (Automatic switch) jika kita menekan tombol lain selain tombol-tombol keyboard yang telah kita gunakan untuk menggantikan fungsi mouse.

Itu tadi informasi tentang software pengganti fungsi mouse, buat temen-temen yang ingin mencobanya bisa mendownload MouseFIGHTER di Freeware.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar