Kamis, 25 November 2010

Cegah penyebaran Virus dengan Panda USB Vaccine


clip_image001

Cegah penyebaran Virus dengan Panda USB Vaccine - Perlindungan untuk USB Flashdisk harus yang diutamakan. Tidak hanya men-scan saja tapi perlu hal lain untuk mencegah masuknya virus ke dalam USB. USB FlashDisk adalah jalan masuk terbesar virus untuk dapat berkembang di dalam komputer. Untuk itu, kita harus benar-benar berusaha memproteksi komputer kita agar tidak terserang virus. PandaSecurity telah merilis program Panda USB Vaccine. Program gratis ini akan mem-vaksinasi komputer atau USB Flash disk sehingga penyebaran virus melalui media seperti flashdisk dapat di hindari .

Salah satu celah keamaan Windows ( terutama windows XP, termasuk pula windows Vista ) adalah penggunaan file AUTORUN.INF di removable drive, seperti USB Flash disk. Jika fitur windows Autorun ( Otomatis menjalankan file AUTORUN.INF) tidak di matikan, maka virus dengan mudah menyebar ke komputer meskipun kita tidak membuka USB Flashdisk. Berikut fitur-fitur yang terdapat pada Panda USB Vaccine,

USB vaccine Features  :

  • Computer Vaccination, yang akan mem-vaksin komputer (PC), mematikan fitur Autorun Windows. Sehingga jika ada file AUTORUN.INF di USB Flashdisk, CD, DVD, MP3 player atau media lainnya tidak akan otomatis dijalankan.
  • USB Drive Vaccination, mem-vaksinasi USB Flash drive. USB Vaccine akan membuat file AUTORUN.INF kosong yang tidak bisa di baca, edit (modifikasi) atau di hapus. Sehingga virus tidak akan bisa memanfaatkan AUTORUN.INF untuk menyebar secara Otomatis ke komputer lain.

clip_image002

Note :

Setelah USB Flash Drive (Flashdisk) di vaccine, maka file AUTORUN.INF yang telah dibuat tidak akan bisa di hapus melalui windows. Dan tidak ada fitur di USB Vaccine untuk menghilangkan file ini. Jika karena suatu hal terpaksa akan menghapus AUTORUN.INF, maka bisa dilakukan melalui bootable CD atau melalui Linux. Atau dengan cara mem-Format Flashdisk tersebut ( Jika di Format, semua data akan hilang, sehingga perlu di pindah terlebih dulu).

Perlu di ingat juga bahwa, setelah Flashdisk di vaksin dengan program ini, bukan berarti virus tidak dapat masuk. Virus tetap saja bisa masuk ke flashdisk, hanya saja tidak akan bisa otomatis berjalan atau menular ke komputer tanpa kita aktifkan. Sehingga perlu waspada sebelum menjalankan file yang ada di flashdisk. Informasi dan Pengunaan lebih lanjut, bisa dibaca artikel saya sebelumnya tentang Proteksi dari autorun.inf dengan Panda USB Vaccine

Download dari CNET :
clip_image003

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar